Beranda » Tips & Trik » Taman Botani Bogor alias Kebun Raya Bogor

Bogor merupakan kota yang terkenal sebagai kota hujan. Kota ini juga terkenal memiliki taman botani yang sangat terkenal karena taman tersebut dapat dibilang sangat besar dan dulunya pernah menjadi salah satu taman botani yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Taman ini juga kadang disebut sebagai Bogor Botanical Garden. Taman ini memiliki luas sekitar 87 hektar yang ditumbuhi oleh lebih dari 15.000 spesies tanaman.
Dengan banyaknya variasi spesies yang dimiliki oleh Taman Botani Bogor, maka pemerintah Indonesia menjadikan tempat ini sebagai salah satu fasilitas penelitian untuk ilmu botani dan biologi. Dan yang menjadikan taman ini semakin menarik adalah adanya bunga bangkai raksasa yaitu Bunga Rafflesia Arnoldi.
Taman Botani Bogor atau masyarakat lebih mengenalnya dengan Kebun Raya Bogor merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kota Bogor yang tidak pernah sepi pengunjung.
Taman Botani Bogor ini terletak di jalan Ir. Haji Juanda Nomor 13. Lokasi tempat wisata Bogor ini sangat mudah diakses. Jika dari Stasiun Bogor maka untuk menuju ke tempat wisata ini hanya perlu naik angkutan umum nomor 2 dengan jurusan Sukasari – Bubulak. Angkutan umum tersebut memiliki ciri strip merah yang ada di bagian badan mobilnya.
Untuk para wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil dan datang dari Jalan TOL lingkar luar Bogor maka bisa langsung memutar balik melalui belakang terminal Baranang Siang, setelah itu menyusuri Jalan Bangka maka tibalah di Pintu Utama Kebun Raya Bogor. Jika memang jalur tersebut macet, maka bisa menggunakan jalan alternatif lainnya, yang dengan memutar ke Jalan Padjajaran. Setelah memasuki kawasan Jalan Jalak Harupat maka di sini sudah bisa melihat Kebun Raya Bogor dengan sangat jelas. Cukup ikuti jalan tersebut hingga di sisi kiri jalan adalah Istana Bogor. Setelah itu, maka akan terdapat lampu merah tepat di samping Istana Bogor maka belok kiri untuk memasuki Jalan Ir. Juanda. Setelah itu mengitari kebun tersebut hingga menemukan pintu utama yang berada di samping Musuem Zoologi atau tepat di depan Pasar Bogor.
Apabila naik bus kota, maka akan turun di Terminal Baranang Siang. Dari terimal ini maka gunakan angkutan umum dengan nomor 6 jurusan Ciheleut – Ramayana atau angkutan 13 jurusan Bantar Kemang – BTM atapun juga bisa menggunakan angkutan umum nomor 3 dengan jurusan Baranang Siang – Bubulak.
Untuk memasuki Taman Botani Bogor atau Kebun Raya Bogor diperlukan tiket masuk yang berharga Rp. 3.000 per orang. Taman wisata ini pada hari biasa yaitu Senin sampai Jum’at mulai buka pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, sedangkan untuk akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.


# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.