Beranda » Tips & Trik » Wisata Candi Prambanan yang Populer


Indonesia memiliki keindahan alam yang sudah terkenal di dunia. Salah satu keindahan alam yang dimilikinya adalah Candi Prambanan. Candi tersebut merupakan candi Hindu terbesar yang dimiliki oleh Indonesia, bahkan candi itu juga merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Candi ini juga biasa disebut dengan Candi Roro Jongrang.
Candi Prambanan terletak di Desa Prambanan. Secara administratif, candi ini terbagi menjadi dua wilayah yaitu di Kabupaten Selman Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.
Candi Prambanan merupakan candri yang didirikan sekitar tahun 850 masehi oleh Wangsa Sanjaya. Kemudian pada tahun 1991, UNESCO menetapkan candi ini sebagai cagar budaya dunia yang harus dilindungi. Candi ini memiliki ketinggian 5 meter jauh lebih tinggi dari Candi Borobudur atau 47 meter.
Terdapat legenda mengapa Candi Prambanan disebut juga dengan Candi Roro Jongrang. Legenda tersebut menceritakan seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta kepada seorang putri yang memiliki nama Roro Jongrang. Namun, sang putri tidak mencintai sang pangeran, karena tidak kuasa menolak cinta sang pangeran maka sang putri mengajukan sebuah syarat yang harus dipenuhi oleh sang pangeran sebelum meminangnya.
Adapun isi dari syarat tersebut adalah mengharuskan Bandung Bondowoso untuk membuat candi dengan jumlah 1000 arca dengan waktu hanya semalam. Permintaan tersebut disanggupi oleh sang pangeran dan semuanya hampir terpenuhi dalam waktu semalam. Tetapi, sang putri memiliki ide untuk menggagalkan upaya sang pangeran dengan cara meminta pertolongan warga desa untuk menumbuk padi dan memancing ayam jantan agar berkokok, demikianlah siasat sang putri agar menandakan hari sudah pagi. Akan tetapi, sang pangeran mengetahui jika ia dicurangi dan pada waktu itu dia juga menyelesaikan sebanyak 999 candi, untuk menggenapinya, sang pangeran mengutuk Roro Jongrang menjadi arca yang ke 1000.
Untuk menuju ke Candi Prambanan sangat mudah, karena tertelak di tepi jalan raya Yogyakarta – Solo. Jika pengunjung dari kota Yogyakarta, maka hanya dengan menaiki Bus Tranjogja dengan biaya Rp. 4.000 saja pengunjung sudah dapat tiba di tempat wisata yogyakarta yang terkenal tersebut, ataupun juga bisa menggunakn angkutan umum yang lain. Sedangkan jika dari Solo hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 3.000.
Harga tiket masuk Candi Prambanan terbagi atas dua macam, yaitu untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Untuk wisatawan lokal cukup membayar dengan harga Rp. 8.000 dan untuk wisatawan asing 10 USD atau setara dengan Rp. 130.000.

Terdapat banyak sekali fasilitas yang ada di sekitar Candi Prambanan. Adapun fasilitas tersebut seperti tempat penginapan, rumah makan, toko – toko souvenir dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan pemandu wisata agar wisatawan lebih mudah mengetahui semua pengetahuan mengenai candi ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.