Beranda » Tips & Trik » Mengintip Keindahan Istana Maimun

Medan memiliki sebuah istana yang sangat indah. Istana tersebut bernama Istana Maimun. Istana ini memiliki arsitektur yang kental dengan sejarah dan menawan serta menarik untuk dipandang. Istana ini merupakan salah satu istana terindah yang dimiliki Indonesia. Istana ini terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja.
Arsitektur dari Istana Maimun digadang – gadang sebagai arsitektur istana yang terindah di Indonesia. Arsitektur yang dimiliki oleh istana ini sangat unik, karena terdapat perpaduan beberapa unsur kebudayaan Melayu dengan gaya Timur Tengah atau Islam, India, Italia dan Spanyol.
Menurut sejarah, Istana Maimun adalah peninggalan Kerajaan Deli yang didirikan oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, yaitu keturunan ke sembilan dari Kesultanan Deli. Istana dengan arsitektur yang indah ini dibangun pada 26 Agustus 1888 dan diresmikan pada 18 Mei 1891.
Istana Maimun memiliki warna yang dominan kuning. Warna tersebut melambangkan warna melayu dan warna kebesaran Kerajaan Deli di Sumatera Utara. Untuk pengaruh dari Eropa sangat terlihat pada ornamen lampu, lemari, meja, kursi, dan pintu dorong. Selain itu, seluruh pintu dan jendela yang ada di istana ini juga mengikuto gaya bangunan Eropa yaitu sangat lebar.
Pengaruh dari Timur Tengah atau Islam sangat kental terasa dari lengkungan atau arcade yang berada di bagian atap, yakni menyerupai bentuk perahu yang terbalik atau juga dikenal sebagai lengkung persia yang dapat dijumpai pada bangunan – bangunan di kawasan Timur Tengah.
Istana Maimun menghadap ke arah Timur dan terdiri dari dua lantai serta dengan tiga bagian bangunan yaitu induk, sayap kiri dan sayap kanan. Istana ini memiliki luas secara keseluruhan kurang lebih 2.722 meter persegi dan terdiri dari 30 ruangan. Sampau saat ini, istana ini masih terawat dengan sangat baik, sehingga keindahannya masih terjaga.
Tiket masuk Istana Maimun cukup terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan uang Rp. 5.000 saja para pengunjung bisa mengelilingi dan melihat keindahan yang dimiliki oleh istana ini. Terdapat banyak sekali peninggalan Kerajaan Deli di dalam istana ini. Selain itu, di dalam istana ini juga menyimpan singgasana raja yang tentunya tidak ternilai harganya.
Terdapat suatu hal yang menarik yang berada di sisi kanan Istana Maimun, yaitu terdapat sebuah bangunan kecil beratap ijuk yang menyimpan Meriam Puntung. Meriam tersebut konon kataya merupakan penjelmaan dari adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua yang bernama Mambang Khayali yang memiliki paras cantik nan jelita.

Meriam itu hanya salah satu dari segudang cerita yang ada di Istana Maimun. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang dimiliki oleh istana yang indah ini, maka jangan lupa menyempatkan waktu liburanmu untuk berkunjung ke sana.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.